Beranda | Artikel
Hukum Menyembelih Dengan Niat Bukan Karena Allah
Senin, 6 Juni 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Hukum Menyembelih Dengan Niat Bukan Karena Allah adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Fathul Majid Syarh Kitab At-Tauhid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. pada Rabu, 2 Dzulqa’dah1443 H / 1 Juni 2022 M.

Kajian Tentang Hukum Menyembelih Dengan Niat Bukan Karena Allah

Dari Thariq bin Syihab Radhiyallahu ‘Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

دخل الجنة رجل في ذباب، ودخل النار رجل في ذباب

“Ada orang masuk surga karena seekor lalat dan ada seseorang yang masuk neraka karena seekor lalat pula.”

Para sahabat bertanya: “Bagaimana hal itu Ya Rasulallah?” Beliau menjawab:

مر رجلان على قوم لهم صنم لا يجاوزه أحد حتى يقرب له شيئا…

“Ada dua orang berjalan melewati suatu kaum yang mempunyai berhala. Yang mana tidak seorang pun melewati berhala itu sebelum mempersembahkan kepadanya sesuatu kurban.

Mereka berkata kepada salah seorang dari kedua orang tersebut: ‘Persembahkanlah kurban kepadanya.’ Dia menjawab: ‘Aku tidak mempunyai sesuatu yang dapat ku persembahkan kepadanya.’ Mereka pun berkata kepadanya lagi: ‘Persembahkanlah sekalipun seekor lalat.’ Lalu orang itu mempersembahkan seekor lalat dan merekapun memperkenankannya untuk meneruskan perjalanannya. Maka dia masuk neraka karenanya.

Kemudian berkatalah mereka kepada seorang yang lain: ‘Persembahkanlah kurban kepadanya.’ Dia menjawab: ‘Aku tidak patut mempersembahkan sesuatu ataupun kurban kepada selain Allah ‘Azza wa Jalla.’ Kemudian mereka memenggal lehernya. Karenanya orang ini masuk surga.” (HR. Imam Ahmad)

Dalam hadits ini Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan tentang bahaya dan tentang buruknya perbuatan syirik. Yaitu gara-gara seekor lalat yang disembelih untuk selain Allah menyebabkan masuk ke dalam nerakanya Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Apalagi sebab-sebab yang disyariatkan? Mari kita download dan simak mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/51761-hukum-menyembelih-dengan-niat-bukan-karena-allah/